Data Desa Bojonggambir

Sambut Pembangunan Jalan Usaha Tani, Warga Desa Wandasari Sangat Antusias

Warga Desa Wandasari di Kabupaten Tasikmalaya sangat senang dengan adanya pembangunan jalan usaha tani (JUT) di daerah mereka. Sebelumnya, akses menuju lahan pertanian cukup sulit karena hanya ada jalan setapak yang sering menghambat pergerakan para petani dan hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Namun kini, sedang dibangun jalan baru selebar 2,5 meter untuk memudahkan mobilitas dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Proyek ini dilaksanakan secara swakelola oleh warga yang tergabung dalam Poktab Harapanjaya Cisangling dari Kedusunan Nagrak di Desa Wandasari, Kecamatan Bojonggambir. Jalan tersebut memiliki panjang 350 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 15 cm, serta menggunakan konstruksi rabat beton.

Dengan dibangunnya Jalan Usaha Tani (JUT), Wilayah Binaan Pertanian Lapangan (PPL) Desa Wandasari Kecamatan Bojonggambir, menjadi lebih maju. Terutama bagi Kelompok Tani (Poktan) Harapanjaya Kedusunan Nagrak Desa Wandasari, yang memiliki luas area pesawahan dan perkebunan seluas 350 meter dengan lebar 2,5 meter serta tinggi 15 cm. Proyek ini, yang didanai oleh DAK Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan dalam anggaran tahun 2024 sebesar Rp 190 juta, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Desa Wandasari dan sekitarnya.

“Dengan adanya JUT ini, akses mobilitas alat mesin pertanian dan pengangkutan sarana produksi pertanian akan semakin lancar. Petani dapat dengan mudah menuju lahan pertanian untuk menghasilkan panen yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *